Sabtu, 03 November 2012

Olahan Obat Herbal Mana Yang Lebih Tepat Untuk Anda Pilih

Ada beberapa teknik mengolah tanaman obat, yaitu dengan cara merebus, menyeduh, membuatnya sebagai serbuk, atau ekstrak tanaman obat yang sudah dikapsulkan.

Ada banyak teknik pengolahan ramuan  obat herbal yang dapat digunakan. Namun, patut diingat bahwa penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi.

Menurut pakar naturopati Dr. Amarullah Siregar, pada dasarnya pemanfaatan herbal bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Bila bertujuan untuk menjaga kesehatan, rebusan sederhana dapat dikonsumsi dengan catatan tidak adanya riwayat penyakit tertentu.

Tapi, racikan  obat herbal sederhana tidak cukup lagi kalau sudah ada kelemahan dalam tubuh, baik karena faktor genetik atau memang mengidap penyakit tertentu.

Karena itu, agar memberikan manfaat optimal,  obat herbal yang dikonsumsi untuk pengobatan sebaiknya sudah dalam bentuk ekstrak serta sudah terukur dosisnya. Mengapa? Sekali lagi,  tanaman obat (herbal) yang sudah diekstraksi pengaruhnya jauh lebih kuat dan lebih aman untuk ginjal. (deherba.com)

Baca Juga Artikel-artikel terkait berikut ini :