Jumat, 09 November 2012

Tips Agar Si Kecil Tenang Saat Belanja

Bagaimana, ya, caranya supaya ia tenang saat diajak belanja?

  1. HARUS KENYANG
    Sebelum mengajak Si Kecil ber belanja, sebaiknya Anda pastikan bahwa ia dalam keadaan kenyang. Sebab, berdasarkan pengamatan, anak saya, Rosyi, menjadi sangat rewel kalau diajak ber belanja dalam keadaan lapar. Selain itu, saya juga selalu memakaikan baju dan celana yang nyaman agar ia tidak kegerahan apabila cuaca sedang panas sehingga tetap tenang saat diajak berkeliling. Satu hal yang pasti, saya harus sadar diri untuk tidak menghabiskan waktu terlalu lama saat ber belanja, agar Si Kecil tidak terlanjur bosan. (Eka Yuniana, 28, ibu dari Rosyikhuna Arrizqy, 9 bulan.)
  2. PAPA WAJIB IKUT
    Jika harus ber belanja dengan Si Kecil, saya selalu mewajibkan suami ikut menemani supaya kami bisa berbagi tugas. Saya berkeliling untuk belanja, sementara suami menemani Si Kecil melakukan hal yang ia sukai, entah berkeliling supermarket atau bermain di area permainan yang tersedia. Agar tidak terlalu banyak buang waktu, biasanya saya juga sudah membuat daftar  belanja barang-barang yang diperlukan. Jadi, saat Si Kecil sudah puas bermain, saya pun sudah selesai berbelanja. (Iis Isnawati, 25, ibu dari Kaisyah Bahri Maulida Syawali, 2,5. )
  3. DUA KERANJANG
    Supaya Si Kecil tidak bosan dan rewel kalau saya ajak ber belanja, saya akan mengambil dua keranjang belanja, satu untuk saya dan satu untuknya. Setelah itu, saya ajari ia untuk berbelanja keperluannya, seperti susu, pasta gigi, sikat gigi, bedak, parfum, dan camilan. Lalu, ia akan membawa keranjang belanjaannya sendiri ke kasir, kemudian membayarnya dengan uang yang saya berikan padanya. Sejak itu, ia selalu senang dan semangat kalau saya ajak ber belanja. (Fransiska Palit, 26, ibu dari David Jonathan Wohel, 3 tahun 4 bulan.)
  4. MAINAN FAVORIT
    Membawa mainan favorit Si Kecil saat ber belanja dengannya menurut saya ampuh untuk membuatnya tidak rewel. Setidaknya hal itu terbukti pada Dhika, anak saya. Ketika berbelanja, saya membiarkan Dhika mengikuti sambil bermain dengan mobil-mobilan favoritnya. Saya juga membebaskannya berlarian ke sana-ke mari selama tetap bisa saya lihat. Kalau sudah terlalu jauh, baru saya kejar lalu menasihatinya agar tidak bermain terlalu jauh supaya tidak hilang. Dhika biasanya mengerti dan kembali bermain di dekat saya. (Galuh Ayu Widasari, 28, ibu dari Andhika Adipratomo, 2.)
  5. BUAT PERJANJIAN
    Saya selalu membuat perjanjian terlebih dahulu dengan Si Kecil sebelum mengajaknya ber belanja. Seperti, saya akan mengajak Si Kecil makan hamburger kesukaannya kalau ia tidak rewel dan bersikap manis selama ber belanja. Dan berhasil! Si Kecil selalu sangat tenang saat diajak keliling supermarket. Tetapi, waktu berbelanjanya juga harus diperhatikan, tidak boleh terlalu lama agar ia tidak bosan dan lelah. Setelah selesai ber belanja, saya pun langsung memenuhi janji untuk membelikan hamburger kesukaannya. Sebab, janji adalah janji! (Lily Aguslianawaty)(motherandbaby.co.id)