Jumat, 09 November 2012

Pilih Uang Belanja harian Atau Bulanan?

Bicara tentang belanja rumah tangga, terus terang memang gampang-gampang sulit. Tapi saya akan mencoba menjawab kesulitan Anda:
  1. Cobalah untuk membuat anggaran yang sederhana. Dengan membuat anggaran sederhana, tapi dilakukan secara rutin, Anda bisa mengontrol pengeluaran dengan baik. Coba sekali lagi Anda perinci betul pengeluaran Anda tiap bulannya. Lalu coba untuk menyesuaikan pengeluaran dengan uang yang Anda dapat secara harian. 
  2. Berkaitan dengan harga-harga yang makin mahal, cobalah untuk mulai berhemat. Mulailah menghemat penggunaan listrik, air, telepon, dan sebagainya. Kurangi juga pengeluaran-pengeluaran yang dirasa tidak perlu. 
  3. Mengenai penggunaan uang, mungkin saja masalahnya bukan dalam mengatur pengeluaran Anda, tapi bisa jadi karena memang penghasilannya yang kurang dibanding dengan kebutuhan keluarga. Bukankah akan lebih baik jika Anda juga ikut mencari tambahan penghasilan? Bagaimana kalau Anda ikut menjualkan dagangan suami di rumah? Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan masih bisa mengurus rumah tangga dan Anda juga bisa mengajak Ibu dan adik Anda untuk ikut membantu.
  4. Tentang mana yang lebih baik antara memberikan uang secara harian atau bulanan, sebetulnya tidak ada satu yang lebih baik dibanding yang lain. Sebab, semua itu tergantung dari kebiasaan Anda menggunakan uang. Kalau Anda tidak terbiasa menggunakan uang secara bijak, saya yakin diberi secara bulanan pun tetap saja Anda akan kesulitan mengatur pengeluaran. 
Sekali lagi, cobalah untuk membuat anggaran dan patuhi anggaran Anda.(Safir Sinduk-perencanakeuangan.com)